loading...
Home » , , » FAKTA DAN STIGMA : China dan Arab

FAKTA DAN STIGMA : China dan Arab


Bogor  (WWB) - Saya sbg orang yg pernah hidup di dua Bangsa dgn budaya yg berbeda tersebut akan menceritakan Fakta yg berbeda.

*CHINA*
Bangsa dan budaya China kalian stigma negatif krn di sana dikuasai komunis seolah olah negeri yg kejam dan tdk manusiawi. Tahukah kalian, bahwasannya mereka lebih MEMULIAKAN manusia dalam arti menghormati, menghargai, peduli dgn kita walaupun mereka tau kita bukan warga negara mereka...? Mereka (majikan) memulyakan pembantunya tak peduli latar belakang agama dan negaranya. Jika pun terjadi kesalah fahaman biasanya tdk jauh dr permasalahan miss komunikasi krn blm mengerti betul bahasanya.

*ARAB*
Tahukah kalian bahwa mereka itu tidak lebih menganggap kita sebagai BUDAK mereka, di mana ketika kita bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan berinteraksi di kehidupan mereka, maka kita harus tunduk dan patuh dgn apa kata mereka seolah kita sudah dibeli. 

Bagi saya sebagai org yg pernah diajarkan tata krama dan agama ketika di Indonesia, apa yg mrk lakukan sungguh jauh di luar norma-norma agama yg kita anut. Pelecehan terhadap pembantu rumah tangga tnp rasa malu mereka lakukan. Alhamdulillah saya berhasil selamat dr kejahilan dan kebiadaban mereka. Banyak tmn2 yg seprofesi dgn saya mengalami hal yg lbh mengerikan. 

*KISAHKU*
Pembantu rumah tangga di Arab selain dianggap budak dan rendahan, mereka juga memperlakukan pembantu seperti mesin yg harus bekerja tnp istirahat. Mesin saja butuh istirahat bukan? Dari subuh sampai pagi tak peduli kami kelelahan, kelaparan, dan hanya kerja dn kerja tnp rehat. 

Pada umumnya karna mereka tk pernah meliat wanita asing selain keluarga dan juga mereka juga kering dari pendidikan agama meskipun di sana adalah tempat lahirnya agama Islam, tak sedikit dr kami mengalami hal tak manusiawi disana, begitu banyak kisah tragis yg kami alami dn lebih tragisnya lagi pemerintah Saudi hanya membela sang majikan. 

Mereka suka memaki kami jika melakukan kesalahan, dan koar2 HARAM 'alaik jika kami melawan tapi HALAL bagi mereka ketika melecehkan kami dan menyiksa kami. 

Hanya tangis dn airmata yg menemani kami dn doa penuh harap datangnya mukjizat dr ALLAH untuk segera menolong kami keluar dari neraka kehidupan mereka.

*PERBEDAAN BAGAIKAN LANGIT DAN BUMI*

*CHINA yang kalian benci*, bagai langit dan bumi perbedaannya dgn budaya arab. Budaya China lebih manusiawi bagi kaum perempuan sementara di Arab perempuan selalu dilecehkan.

Kami di China lebih dihargai dan dihormati walaupun kami seorang pembantu, makan dn istirahat yg cukup undang-undang perlindungan tenaga kerja asing yg Ibh terjamin, dan mendapatkan asuransi kesehatan. Mereka para majikan taat hukum meskipun mereka tidak tau halal dan haram tapi mereka tahu norma-norma dan Budi pekerti. Kami mendapat kenyamanan dan perlakuan yang manusiawi seperti layaknya bagian dari keluarga mereka. Dan tak sedikit dari kami yg sukses dr mengais rejeki di negeri CHINA.

Pelecehan di manapun pasti ada tp tdk sprt yg kami alami dan banyak para pembantu yg lain alami di negeri Arab sana. Budaya di Arab tdk mesti Islami, sebaliknya budaya di luar Arab tdk mesti tdk Islami.

~ Riwayati ~
Sumber : Sate Jawa 
Foto : Istimewa

Terimakasih Sudah Membaca & Membagikan Warta WA Bogor - Bogor WhatsApp News

Previous
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Di Quran ada "Selamat Natal"

Populer